Tips Jitu Cara Mulai Investasi Reksadana Bagi Pemula - Blog Tangan Gatel
cara mulai investasi reksadana

Tips Jitu Cara Mulai Investasi Reksadana Bagi Pemula

Artikel berikut ini menginformasikan tentang cara mulai investasi reksadana. Selamat membaca.
Mengenal sesuatu lebih dalam adalah hal yang penting sebelum mengambil keputusan. Misalnya menyukai produk barang tertentu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenal produk tersebut terlebih dahulu. Jika sudah kenal dan terlanjur suka baru memutuskan untuk membeli. Begitu juga dengan cara mulai investasi reksadana, mengenal apa itu investasi reksadana dan cara memulainya harus dilakukan terlebih dahulu.
Investasi ada dua macam yaitu investasi riil dan non riil.  Untuk investasi non riil atau keuangan salah satu contohnya adalah reksadana. Investasi jenis ini dianggap investasi paling mudah dijangkau dan dilakukan oleh seorang pemula. Lantas bagaimana cara memulai investasi ini yang benar dan tepat, simak dulu tips berinvestasi di reksadana sebagai berikut;

Cari Tahu Dulu Tentang Reksadana

Reksadana adalah salah satu jenis investasi yang mudah dijalankan oleh seorang pemula yang baru berkenalan dengan investasi. Tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah mengetahui apa itu reksadana. Jika sudah tahu, Anda tinggal memutuskan kapan untuk memulai investasi.

Pahami Cara Kerja Reksadana

Setiap jenis investasi mempunyai cara kerja yang berbeda-beda. Begitu juga dengan investasi reksadana. Untuk mendapatkan keuntungan yang maksimal, Anda pun harus paham cara kerjanya yang tepat. Reksadana termasuk jenis investasi yang dipecah ke beberapa instrumen. Jadi tidak hanya pada satu perusahaan. Reksadana juga memberikan return yang cukup besar serta jangka waktu yang berbeda untuk dijadikan pilihan.

Jenis-Jenis Reksadana

Sebelum mengetahui cara mulai investasi reksadana, Anda juga harus terlebih dahulu mengetahui apa saja jenis reksadana. Terdapat empat jenis yang dapat dijadikan pilihan yaitu, reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran, reksadana index dan reksadana proteksi.

Tetapkan Tujuan

Setelah mengetahui jenis reksadana, Anda harus paham tujuan berinvestasi dan mengapa memilih investasi tersebut. jangan lupa untuk memutuskan berapa banyak yang akan diinvestasikan serta berapa jangka waktu yang diambil. Apakah jangka waktu panjang atau pendek.

Pahami Istilah dalam Investasi Reksadana

Memahami istilah yang ada dalam investasi reksadana juga tak kalah penting. Dengan mengetahui beberapa istilah yang sering muncul, Anda akan lebih paham saat memulai investasi. Beberapa istilah yang harus Anda ketahui adalah NAB (nilai aktiva bersih) dan UP (unit penyertaan).  Disamping itu ada istilah lainnya yaitu subscrption adalah biaya untuk membeli reksadana. Redemption adalah biaya untuk menjual reksadana. Serta transaksi switching yaitu pengalihan dana tertentu ke jenis reksadana dan banyak lagi yang lain.

Simulasi Investasi di Reksadana

Cara terakhir yang harus Anda ketahui sebelum memulai investasi adalah tahu bagaimana simulasi investasi di reksadana dan bagaimana untung ruginya. Dengan mengetahui simulasi  atau gambarannya, Anda tidak akan mengalami kebingungan saat memulainya. Demikian pula dengan menghitung untung ruginya.
Berinvestasi adalah cara yang paling tepat untuk mengelola keuangan dengan baik dan benar. Berbeda dengan menabung biasa, investasi dirasa lebih menguntungkan dan investasi reksadana dapat dijadikan pilihan dengan terlebih dahulu memahami cara mulai investasi reksadana dengan tepat dan benar. Kapan Anda memutuskan untuk mulai berinvestasi?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *