menabung dengan gaji kecil

Menabung dengan gaji kecil bisa menjadi tantangan tersendiri, apalagi banyak kebutuhan sehari-hari yang harus dipenuhi. Namun, jangan berkecil hati karena berapapun gaji Anda, Anda tetap bisa menabung. Semakin cepat Anda memulai menabung, semakin banyak yang bisa Anda hemat.

Menabung sangatlah penting, jika Anda punya tabungan setidaknya hidup Anda menjadi lebih tenang. Kapanpun dan dimanapun Anda butuh uang, Anda sudah punya tabungan yang bisa Anda andalkan. Tabungan seolah menjadi dana darurat yang sangat membantu ketika sewaktu-waktu Anda membutuhkan.

Ingin menabung tapi terkendala gaji kecil? mungkin beberapa tips menabung dengan gaji kecil berikut ini bisa membantu Anda:

1. Membuat Anggaran

Baca Juga: Keuntungan Menabung di Bank

Meskipun terdengar merepotkan, nyatanya membuat anggaran dapat membantu Anda membangun tabungan. Kecuali jika Anda memiliki rencana untuk menggunakan uang Anda, mungkin akan sangat mudah untuk membelanjakannya. 

Jika Anda tidak tahu ke mana perginya uang Anda setiap bulan, dan Anda ingin menghemat uang dari gaji Anda, membuat anggaran adalah kuncinya. Dengan anggaran, Anda dapat memasukkan rencana tabungan Anda. Misalnya, Anda ingin menabung untuk menikah, merencanakan liburan, atau menabung untuk masa pensiun

2. Lunasi Hutang Berbunga

Merencanakan untuk melunasi hutang Anda sebelum Anda mulai menabung adalah cara yang tepat. Bagaimana cara Anda menabung? Jika Anda masih punya hutang bulanan berbunga tinggi yang harus Anda tanggung.

Jika Anda memiliki beberapa hutang yang harus dilunasi, usahakan untuk melunasi hutang yang paling mahal terlebih dahulu seperti hutang kartu kredit, hutang kredit rumah, dan jenis hutang berbunga lainnya. Setelah Anda melunasi hutang Anda, Anda bisa leluasa menabung sesuai keinginan Anda.

3. Hindari Belanja yang Tidak Penting

Baca Juga: Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

Masih suka beli barang-barang tidak penting? sebaiknya segera hindari kebiasaan ini. Daripada menghabiskan uang Anda untuk membeli barang yang tidak Anda butuhkan, sebaiknya gunakan uang Anda untuk menabung. Jika Anda membelanjakan lebih sedikit uang, Anda bisa menabung lebih banyak.

Membelanjakan lebih sedikit dan menabung lebih banyak uang bisa membantu Anda mencapai kebebasan finansial. Selain itu, memperbanyak menabung juga memungkinkan Anda membentuk dana darurat, menyisihkan uang tunai untuk DP rumah atau menabung untuk masa pensiun.

4. Menyisihkan Uang Kecil

Hal yang paling sederhana untuk menabung adalah dengan menyisihkan uang kecil. Ingat kata pepatah, ‘sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit’, begitu juga saat Anda menabung dengan uang kecil.

Misalnya, Anda dapat menabung Rp 5 ribu atau 10 ribu perhari. Kemudian Anda sisihkan secara terus menerus, sehingga tabungan Anda semakin bertambah. Jika Anda menyisihkan uang Rp 5 ribu perhari, maka dalam satu tahun, Anda sudah berhasil mengumpulkan Rp 1.825.000.

Menabung dengan gaji kecil tidak susah kok, selama ada kemauan. Menabung juga tidak harus menunggu kaya. Kapanpun Anda punya uang, disitulah Anda punya peluang untuk menabung.

Baca Info Lainnya