tips menabung untuk anak sekolah

Bagaimana tips menabung untuk anak sekolah yang baik dan benar? Supaya tidak bingung dan tidak tentu arah, baca artikel berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Melatih kebiasaan menabung sejak dini sangat penting diterapkan pada anak muda. Selain membuat kamu lebih mandiri, menabung juga menjadi salah satu cara mengatasi masalah keuangan. Saat kamu tidak memiliki uang sama sekali, kamu bisa mengandalkan tabunganmu.

Dengan menabung sejak dini, kamu memiliki rencana yang jelas untuk kedepannya. Kamu bisa menabung untuk berbagai keperluan penting mulai dari membeli barang yang kamu inginkan, membangun bisnis di masa depan, hingga mempersiapkan pendidikan di perguruan tinggi.

Baca Artikel Lainnya

Beberapa Tips Menabung untuk Anak Sekolah

1. Ketahui Mana Keinginan dan Kebutuhan

Tips menabung untuk anak sekolah yang pertama adalah memahami mana keinginan dan mana kebutuhan. Ketahui bahwa kebutuhan jauh lebih penting daripada keinginan. Contoh, lebih baik membeli makanan dibanding menyewa playstation. Dalam hal ini, makan adalah kebutuhan dan bermain game hanyalah keinginan.

2. Tetapkan Sasaran Tabungan

Sebagai anak sekolah, mungkin kamu sulit menabung karena tidak punya alasan yang kuat mengapa kamu harus menabung. Untuk membuat kamu termotivasi menabung, tentukan apa tujuan kamu menabung. Setelah tahu apa sasaran menabung, mulailah menabung meskipun hanya sedikit demi sedikit.

Misal, kamu membutuhkan uang sebesar Rp 3.000.000 untuk membeli laptop baru. Dibanding meminta orang tua, kamu bisa membelinya sendiri dengan hasil tabunganmu. Ketahui berapa lama waktu yang kamu butuhkan untuk mencapai tujuan tersebut, berdasarkan tingkat tabungan kamu.

3. Sediakan Tempat Menabung

Ada dua cara menabung yakni di rumah dan di bank. Tentukan tempat menabung yang paling cocok untuk kamu. Kamu bisa membeli celengan untuk menabung atau pergi ke bank untuk membuka rekening tabungan. Tentunya kedua metode menabung ini memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing.

Jadi, pastikan kamu memilih tempat menabung yang paling nyaman kamu gunakan. Dengan cara itu, kamu dapat melihat bagaimana tabungan kamu akan bertambah dan seberapa banyak kemajuan yang kamu buat untuk mencapai tujuan kamu.

4. Sisihkan dari Uang Saku

Tips menabung untuk anak sekolah selanjutnya yakni dengan menyisihkan uang saku. Setelah mendapatkan uang saku dari orang tua kamu, sisihkan uang kamu untuk menabung secukupnya.

Seandainya setiap kali berangkat sekolah kamu mendapatkan uang jajan sebesar Rp 30.000 dalam sehari. Pisahkan antara uang kebutuhan harianmu dan tabunganmu. Jika kamu cukup dengan Rp 25.000 sehari, segera tabung sisanya. Meskipun sedikit asal dilakukan secara rutin, tabungan kamu pasti semakin bertambah.

5. Menabung Uang Receh

Menabung dengan uang receh, kenapa enggak? Jika kamu mendapatkan uang receh dari kembalian belanja, kamu bisa menggunakannya untuk menabung. Kalau perlu, kamu bisa menyimpang uang receh kamu di celengan khusus. Setiap kali memiliki uang receh, kamu bisa menabungnya.

Tips menabung untuk anak sekolah diatas mungkin bisa menjadi rekomendasi kamu untuk menabung. Mengingat pentingnya menabung, tentu tidak ada alasan untuk menunda menabung.

Demikian informasi seputar tips menabung untuk anak sekolah yang bisa kami bagikan. Semoga semua informasi yang ada dalam artikel ini bisa menambah pengetahuan dan pemahaman kamu dalam dunia keuangan. Sampai jumpa di artikel tangangatel lainnya ya. Terima kasih.

Referensi tulisan:

investmoneysaving.com

Related Posts