tips menabung untuk ibu rumah tangga

Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

Bagaimana tips menabung untuk ibu rumah tangga? Begitulah pertanyaan yang sering diajukan oleh sebagian besar wanita yang mengurus keluarga. Karena kebutuhan sehari-hari semakin meningkat, maka seorang ibu rumah tangga harus pintar-pintar dalam mengatur keuangan.

Apalagi jika Anda hanya bergantung pada penghasilan suami, tentu harus bisa menggunakan uang pemberian suami dengan sebaik-baiknya. Disamping itu, mungkin Anda juga ingin menabung untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu keluarga Anda mengalami kebutuhan mendesak dan membutuhkan dana darurat.

Ingin tahu tips menabung untuk rumah tangga? Yuk, simak informasinya sebagai berikut ini.

5 Tips Menabung untuk Ibu Rumah Tangga

1. Menabung dari Sisa Uang Belanja

Tips menabung untuk ibu rumah tangga yang bisa Anda lakukan adalah menabung dari sisa uang belanja Anda. Misalnya, Anda mendapatkan uang belanja sebesar Rp 500.000 perbulan dan Anda masih menyisakan Rp 50.000 di akhir bulan. Gunakan sisa uang belanja Anda untuk menabung.

Baca Artikel Lainnya

2. Menabung dengan Uang Kecil Secara Rutin

Menabung dengan uang kecil secara rutin menjadi cara yang efektif untuk menyimpan uang. Anda dapat menyisihkan uang entah Rp 2000, Rp 5.000, Rp 10.000 atau semampu Anda. Meskipun nominalnya kecil tetapi jumlahnya dapat bertambah besar jika Anda menabungnya dalam jangka panjang.

3. Mengumpulkan Uang Receh

Biasanya Anda akan mendapatkan uang receh dari kembalian belanja. Anda dapat menabung dengan mengumpulkan uang receh tersebut di celengan khusus. Lakukan secara terus-menerus sampai celengan Anda penuh. Ketika Anda membutuhkan dana darurat, Anda bisa membongkar celengan Anda dan mengambil uangnya.

4. Manfaatkan Diskon Belanja

Untuk menghemat uang dan menabung, Anda dapat memanfaatkan diskon. Biasanya supermarket memberikan potongan harga dan penawaran beli satu gratis satu. Anda dapat mengambil mengambil diskon tersebut untuk menurunkan tagihan belanja Anda.

Memanfaatkan diskon belanja bukan berarti membeli semua barang yang sedang ada diskon. Namun, Anda harus bisa memilih barang apa yang Anda butuhkan dan berapa pengurangan harga yang diberikan.

5. Mengikuti Arisan

Sulit menabung sendiri? mungkin arisan menjadi alternatif yang tepat untuk Anda. Arisan adalah suatu cara mengumpulkan uang atau barang yang nilainya sama dan dilakukan oleh beberapa orang. Kemudian mereka akan melakukan pengundian untuk menentukan siapa yang mendapatkannya.

Pengundian tersebut dilakukan secara berkala sampai semua anggota mendapatkan bagiannya. Arisan sudah menjadi hal lumrah di tengah masyarakat karena banyak anggotanya. Anda dapat memilih arisan sesuai kemampuan Anda dan lama waktu pembayarannya.

Biasanya ada arisan perminggu dan perbulan, pilihlah arisan dengan waktu yang Anda mampu membayarnya. Bukan hanya sekedar mengumpulkan uang, arisan biasanya juga diselingi dengan kegiatan lain dalam suasana kebersamaan.

Beberapa tips menabung untuk ibu rumah tangga tersebut mungkin dapat menjadi rekomendasi Anda. Pilihlah cara menabung yang paling tepat dan nyaman untuk Anda.

Demikian informasi dari tangangatel.com yang bisa diberikan pada artikel kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa bagikan informasi dalam artikel ini kepada teman dan kerabat Anda. Sampai jumpa di artikel berikutnya.

Visit other Website on My Network

Money Saving and Investment Tips

Portal Informasi Belajar dan Info Kampus

Baca Info Lainnya