tips menabung untuk mahasiswa

Bagaimana tips menabung untuk mahasiswa yang baik dan benar? Supaya tidak bingung dan tidak tentu arah, baca artikel berikut ini untuk mengetahui jawabannya.

Kebutuhan yang semakin mahal membuat sebagian besar mahasiswa sulit menabung. Padahal membangun kebiasaan menabung di usia muda sangat penting termasuk bagi Anda yang masih kuliah. 

Dengan menabung, Anda harus menganggarkan dan mengelola uang sendiri. Disamping itu, Anda juga harus mengetahui bagaimana cara menghemat uang Anda. Hal ini bertujuan untuk menekan pengeluaran Anda agar tidak semakin besar. Mengetahui tips menabung untuk mahasiswa berikut ini mungkin bermanfaat untuk Anda.

Baca Artikel Lainnya

Tips Menabung untuk Mahasiswa yang Bisa Anda Ikuti

1. Buat Anggaran dan Atur Pengeluaran

Tips menabung untuk mahasiswa yang pertama adalah membuat anggaran. Buatlah anggaran untuk mengkonsolidasikan semua pendapatan dan pengeluaran Anda ke dalam satu lokasi yang mudah diakses.

Cara ini membantu Anda melacak pengeluaran Anda serta mengukur apa yang benar-benar Anda mampu dan tidak mampu Anda beli saat Anda di kampus. Aturlah pengeluaran Anda dengan benar dan teliti, sehingga Anda tidak menghabiskan terlalu banyak uang untuk sesuatu yang tidak penting.

2. Hindari Pembelian Impulsif

Untuk menghindari pemborosan dana, cobalah biasakan untuk selalu menuliskan apa yang ingin Anda beli ketika Anda melihatnya entah di toko offline, marketplace, atau tempat lainnya. Sebelum melakukan pembelian impulsif, catatlah tanggal Anda melihatnya, lokasi, dan label harga.

Lalu tunggu satu bulan. Setelah sekitar 30 hari, biarkan diri Anda mengunjungi kembali item tersebut dan pertimbangkan apakah Anda benar-benar membutuhkannya atau tidak sejak pertama kali melihatnya. Hal ini dapat membantu Anda memikirkan impuls apapun sebelum Anda membeli dan menyesal keesokan harinya.

3. Menabung Secara Rutin

Tips menabung untuk mahasiswa selanjutnya yakni menabung secara rutin. Menabung yang dilakukan setiap hari tentu akan membuat tabungan Anda bertambah banyak seiring waktu. Menyisihkan uang saku Anda untuk menabung setiap hari menjadi salah satu cara yang efektif untuk menabung.

Tidak harus menabung dalam jumlah besar, sekecil apapun sisa uang Anda tetap bermanfaat untuk Anda. Misalnya, Anda bisa menabung mulai dari Rp 5.000, Rp 10.0000, atau sesuai kemampuan Anda. Lakukan setiap hari dan lihatlah tabungan Anda akan semakin banyak dari waktu ke waktu.

4. Menabung di Bank

Menyimpan uang Anda di bank sejauh ini menjadi cara termudah untuk menabung dengan aman. Banyak manfaat menabung di bank mulai dari transfer saldo, penarikan tunai, hingga melihat mutasi pemasukan dan pengeluaran Anda. Berbagai fasilitas tersebut bisa Anda lakukan secara online, sehingga semakin memudahkan Anda dalam bertransaksi.

Selain itu, Anda juga bisa memilih produk tabungan sesuai dengan keinginan Anda. Biasanya ada bank yang menyediakan produk tabungan khusus untuk pelajar dan mahasiswa. Fitur yang diberikan pun beragam mulai dari bebas biaya administrasi, minimum setoran awal yang ringan, dan lain sebagainya.

Nah, itulah beberapa tips menabung untuk mahasiswa yang bisa menjadi rekomendasi menabung Anda. Dengan lebih sedikit pengeluaran, Anda dapat lebih fokus menabung lebih banyak.

Demikian informasi seputar tips menabung untuk mahasiswa yang bisa kami bagikan. Semoga semua informasi yang ada dalam artikel ini bisa menambah pengetahuan dan pemahaman Anda dalam dunia keuangan. Sampai jumpa di artikel tangangatel lainnya ya. Terima kasih.

Referensi tulisan:

investmoneysaving.com

Related Posts