tips menabung

12 Tips Menabung yang Bisa Kamu Coba

Apa sih tips menabung biar berhasil? Menabung memang bukan hal mudah tapi bukan berarti sulit untuk kita lakukan. Menabung menjadi salah satu aspek penting dalam membangun kekayaan dan memiliki masa depan keuangan yang aman. Mempunyai uang simpanan yang cukup, membuat hidup kamu lebih aman dan sejahtera.

Hidup tidak pernah bisa kita prediksi, keadaan darurat bisa saja terjadi tanpa kita ketahui sebelumnya. Misalnya, kita butuh uang untuk memperbaiki kendaraan, membayar biaya berobat, hingga memenuhi kebutuhan sehari-hari yang tidak menentu. Kalau kita punya uang simpanan, seluruh kebutuhan yang berhubungan dengan uang pasti dapat kita atasi.

Mengingat pentingnya menabung, sebagian dari kita mungkin sudah melakukan berbagai cara untuk menabung tapi masih saja gagal. Mau tau cara menabung yang efektif dan berhasil? ikuti tips berikut ini ya!

1. Melacak Pengeluaran

Sebelum menabung, kamu perlu melacak pengeluaran selama kurun waktu tertentu. Mengidentifikasi biaya yang kamu bayar pada kurun waktu tertentu, seperti seminggu atau sebulan bisa membantu menggambarkan pola pengeluaran kamu. Melacak pengeluaran membantu kamu lebih memahami perilaku pengeluaran kamu.

Selain itu, melacak pengeluaran juga membantu kamu menyesuaikan pengeluaran sesuai dengan pengeluaran mana yang membutuhkan lebih banyak dana dan mana yang perlu dipotong, serta melakukan perbaikan yang diperlukan. Melacak pengeluaran menjadikan kamu lebih memahami tentang kebiasaan belanja kamu dan mengatasi perilaku yang tidak sehat secara finansial.

Melacak semua pengeluaran bulanan atau mingguan kamu dan memangkas beberapa biaya yang tidak penting memberikan ruang untuk irit. Dengan cara ini, kamu lebih mudah mengalokasikan uang yang kamu hemat dari memotong pengeluaran yang diperlukan ke dana tabungan kamu. Semakin lama kamu berpegang pada anggaran dan mengontrol pengeluaran kamu, semakin besar jumlah yang masuk ke tabungan kamu.

2. Menabung dari Uang Sisa Kembalian

Setiap kali kita berbelanja atau mengeluarkan uang untuk sesuatu, kita sering mendapatkan kembalian. Sisa uang kembalian itulah yang bisa kamu gunakan untuk menabung. Tidak harus menyimpan semua sisa uang kembalian kamu, tetapi tabunglah uang kembalian kamu secukupnya atau sebesar yang kamu mau yang penting tetap konsisten. Kamu bisa tempatkan di instrumen seperti reksadana, deposito, atau saham.

Menabung uang dari sisa kembalian juga sangat cocok dijadikan tips menabung ibu rumah tangga. Karena ibu rumah tangga sering belanja keperluan harian, sehingga cenderung lebih sering mendapatkan uang kembalian.

3. Tentukan Tujuan Menabung

Tips menabung cepat adalah dengan menentukan tujuan menabung. Menurut penelitian oleh National Savings and Investments (NS&I), orang yang menetapkan tujuan tabungan mereka bisa menabung lebih banyak daripada orang yang tidak memiliki tujuan menabung.

Tujuan menabung merupakan target penyimpanan, investasi, atau pengeluaran yang ingin kamu raih selama periode waktu tertentu. Tahap kehidupan Anda biasanya menentukan jenis tujuan yang ingin Anda capai entah kamu menabung untuk biaya kuliah, membeli mobil, liburan, atau hal lainnya.

Dengan menentukan tujuan menabung, kamu tahu alasan mengapa kamu harus menabung dan manfaat apa yang bisa kamu dapatkan dengan menabung. Hal ini bisa memotivasi kamu untuk terus menabung sampai apa yang kamu inginkan tercapai.

4. Menyisihkan Uang

Menyisihkan uang menjadi tips menabung untuk pelajar terbaik yang bisa dicoba. Untuk menabung, kamu harus bisa menyisihkan uang. Langkah memulainya adalah dengan cara menyisihkan uang saku sehari-hari dan langsung menabungnya entah itu di celengan, di bank, atau menitipkan ke orang tua.

Jika pelajar menyisihkan uang dari uang saku, orang dewasa bisa menyisihkan uang dari gajian per bulan. Caranya adalah dengan membuat rekening tabungan terpisah untuk setiap tujuan yang ingin kamu capai. Setelah gajian masuk ke rekening pertama, kamu bisa mentransfer uang berapapun yang kamu mau ke rekening kedua. Nantinya, jika sudah terkumpul bisa kamu ubah ke tabungan emas.

5. Kurangi Hobi Belanja

Hobi belanja menjadi salah satu penyebab mengapa kamu tidak bisa menabung. Terlalu sering kamu membeli sesuatu, maka akan banyak uang yang kamu keluarkan. Karena itu, hobi belanja menjadi kebiasaan buruk yang membuat kamu hidup boros dan susah menabung dalam jangka panjang.

Jika godaan ingin membeli barang itu muncul lagi, coba tunda untuk membeli terlebih dahulu. Beri diri Anda waktu 24 jam untuk memikirkan sesuatu yang ingin Anda beli, apakah kamu benar-benar membutuhkannya atau hanya menginginkannya. Ingat, keinginan dan kebutuhan adalah dua hal yang tidak sama.

6. Menabung di Celengan

Mengajarkan anak-anak dengan menabung di celengan adalah langkah awal untuk membiasakan mereka menabung sejak dini. Celengan dapat membantu anak-anak menabung di rumah secara rutin. Selain itu, celengan juga menjadi cara yang tepat untuk mengumpulkan koin dan uang.

Celengan memang sering dikaitkan dengan anak-anak, tetapi celengan juga dapat berfungsi sebagai alat tabungan yang efektif untuk orang dewasa dalam upaya membentuk tabungan berjangka. Tips menabung di celengan yaitu selalu rutin untuk menyimpan uang ke dalam celengan. Biarkan celengan itu sampai penuh dan nilai uangnya semakin besar. 

7. Jangan Memakai Kartu Kredit

Dalam beberapa hal, perlu kamu akui bahwa kartu kredit sangat memudahkan, terutama lebih efisien saat ingin memenuhi suatu kebutuhan. Namun, tips menabung untuk mahasiswa yang tepat adalah dengan menghindari penggunaan kartu kredit semaksimal mungkin.

Menurut sisi psikologis, total uang yang tidak dapat kamu lihat akan lebih gampang untuk kamu ikhlaskan. Maksudnya, memakai kartu kredit karena uangnya tidak bisa kamu lihat secara fisik sangat mempengaruhi perilaku kamu untuk menjadi boros.

Sehingga, meningkatnya penggunaan kartu kredit dapat menambah jumlah hutang dan akan memberatkan tagihan rutin kamu. Bukannya menambah jumlah uang simpanan, malahan kamu semakin kere karena total tagihan yang semakin membengkak. 

8. Berpikir Ulang Saat Ingin Mengajukan Hutang

Selain hutang kartu kredit, saat ini akses pinjaman sangat banyak sekali. Terlebih lagi dengan kehadiran internet yang lebih memudahkan orang untuk melakukan pinjaman secara online.

Namun, kamu harus ingat bahwa kemudahan akses pinjaman akan melebarkan lubang hutang milik kamu. Apalagi jika hanya kamu gunakan untuk tujuan yang tidak produktif.

Contohnya, kamu mengajukan pinjaman online untuk membeli tas branded. Tas mahal bukanlah aset produktif. Karena tidak bisa langsung menghasilkan uang bagi kamu dan jika kamu menjualnya nilainya akan semakin menurun.

Bagaimana mungkin kamu bisa menerapkan tips menabung cepat? Jika kamu menggali sendiri lubang hutang semakin dalam dengan cara mengajukan pinjaman untuk barang-barang yang tidak produktif.

Jika kamu mau memutuskan untuk mengajukan hutang, sebaiknya gunakan untuk beberapa keperluan yang produktif, contohnya hutang modal bisnis melalui program P2P Lending. Sehingga, uang pinjaman tersebut dapat menghasilkan uang yang lebih banyak daripada jumlah dana pinjaman.

9. Mengikuti Arisan

Kamu pasti sangat familiar dengan istilah arisan yang sering terjadi di Indonesia. Arisan telah ada sejak masa orang tua kamu masih remaja yang juga berguna untuk menjalin tali silaturahmi antar tetangga.

Cara kerja arisan sangat praktis, hanya cukup menyetorkan dana dengan rutin sesuai jumlah yang telah disetujui semua anggota. Ketika tiba waktunya ngocok arisan, biasanya para member akan berkumpul di rumah salah satu member arisan.

Dalam wadah kocokan tersebut terdapat semua nama anggota arisan. Nama yang keluar akan menerima semua uang hasil setoran seluruh anggota arisan.

Arisan merupakan tips menabung di rumah yang mudah dan sangat menguntungkan. Terutama bagi ibu rumah tangga yang terkadang kesulitan untuk menyisihkan sebagian uang sebagai simpanan.

10. Menabung Berbalik Tanggal

Tips ini sangat cocok untuk kamu yang masih kesulitan dalam mengatur keuangan bulanan. Umumnya, jika sudah mendekati akhir bulan akan ada saja kekurangan dana dalam memenuhi kebutuhan harian.

Menabung berbalik tanggal bisa menjadi solusi keuangan yang tepat bagi kamu. Caranya sangat gampang, kamu hanya perlu menabung setiap harinya menurut penanggalan di kalender.

Sesuai dengan judulnya, yaitu berbalik tanggal, sehingga nilai simpanan kamu pada tanggal 1 sebesar tanggal paling ujung bulan tersebut. Agar lebih mudah memahaminya, misalkan kamu mulai menabung pada tanggal 1 Februari. Maka nominal yang harus kamu tabung di tanggal 1 Februari adalah Rp 28.000,-. Karena bulan Februari ada 28 hari.

Kemudian di tanggal 2 Februari, nominal yang harus kamu sisihkan, yaitu Rp 27.000,-. Begitu selanjutnya sampai ke tanggal 28 Februari, kamu cuma perlu menyimpan Rp 1.000,- saja. Tips menabung harian ini akan memberikan kamu dana yang cukup besar di penghujung bulan, yaitu sekitar Rp 406.000,-. 

Uang dapat menjadi ganjalan pada akhir bulan saat kamu kekurangan dana. Namun, sebaiknya jangan buru-buru dan terlalu boros kamu gunakan. Sebaiknya kamu simpan hingga nilainya semakin besar untuk keperluan darurat di kemudian hari.

11. Pisahkan Uang Tabungan Sejak Awal Tanggal Gajian

Tips menabung berikutnya adalah dengan cara memisahkan uang tabungan dengan uang untuk pengeluaran rutin harian sejak awal tanggal gajian. Cara ini cocok bagi para karyawan yang rutin mendapatkan gaji tetap untuk setiap bulannya.

Pisahkan uang yang akan kamu tabung di tanggal gajian, kemudian simpan di rekening berbeda atau tempat tertentu. Ingat saja uang itu telah musnah, sehingga kamu tidak perlu memikirkannya lagi.

Sebaiknya jangan menabung dengan menggunakan uang sisa, karena umumnya uang yang tidak kamu alokasikan akan ludes begitu saja. Akhirnya, keinginan kamu untuk menabung secara cepat tidak dapat terealisasi.

12. Pakai Sistem Tabungan Otomatis

Tips menabung cepat berikutnya adalah dengan memakai sistem tabungan otomatis yang akan dipotong secara langsung dari tabungan kamu. Kamu dapat menetapkan nilai uang yang ingin kamu simpan setiap bulannya yang nantinya akan dipangkas secara langsung oleh pihak bank.

Sebagian besar perbankan resmi di Indonesia menawarkan produk tabungan otomatis tersebut. Tidak hanya cocok untuk para pekerja, cara menabung yang satu ini juga cocok untuk pelajar dan mahasiswa untuk mempersiapkan kebutuhan.

Semua tips menabung diatas perlu kamu terapkan untuk mengontrol keuangan pribadi kamu menjadi lebih baik lagi dan bisa menabung dengan cepat. Karena kondisi keuangan yang baik akan membuat masa depan kamu juga akan lebih terjamin serta tidak kesulitan menghadapi berbagai tantangan keuangan. Kamu tidak akan pusing memikirkan cara memenuhi kebutuhan di masa paling sulit dengan adanya uang tabungan yang kamu miliki.

Related Posts